7 CONTROL PANEL TERBAIK YANG SERING DI GUNAKAN










Hallo gaes kembali lagi dengan saya 0daysec, kali ini saya akan memperlihatkan warta mengenai 7 control panel terbaik, untuk lebih mengenal jenis control panel, ada baiknya kita simak ulasan wacana control panel terbaik yang ketika ini dipakai oleh banyak sekali layanan hosting di dunia.


1. Cpanel

cPanel merupakan control panel hosting yang paling banyak dipakai ketika ini dikarenakan tampilannya yang cukup bersahabat, kemudahannya dan fitur yang disediakan cukup lengkap dibanding kontrol panel lain, control panel hosting cPanel ini tersedia berbasis Linux dan juga windows (Enkompass) yang memakai antarmuka dengan tampilan gampang dipahami. Sehingga control panel ini sangat cocok bagi siapa saja yang ingin menciptakan sebuah website.


2. Plesk

Plesk merupakan control panel hosting yang kiprahnya hampir menyerupai dengan Cpanel. Dengan memakai control panel yang satu ini, anda juga sanggup mengelola akun hosting melalui antarmuka berbasis web. Selain itu, tampilan Plesk juga rapi sehingga nyaman dipakai dalam waktu yang lama.
Tidak hanya itu saja, Plesk juga sanggup diinstal di VPS atau dedicated server yang fungsinya memudahkan anda dalam memonitor hosting, database, dan lain-lainnya. Bahkan, hal ini juga sangat penting untuk melihat perkembangan website anda.
Plesk juga memperlihatkan banyak fitur yang tidak kalah dengan control panel lainnya, seperti:
  • Dapat menciptakan saya FTP
  • Mengelola dan menciptakan akun email
  • Menambah domain dan subdomain
  • restore dan backup data
  • Mengelola DNS
  • dll

3. Interworx

Control panel terbaik berdasarkan kami diurutan ke tiga ialah Interworx, merupakan sistem administrasi server Linux dan control panel webhosting berbasis open source. Selain hal itu, Interworx juga memperlihatkan banyak sekali macam tool yang akan memudahkan anda mengelola hosting dan memperlihatkan fasilitas kepada adiminstrator (pemilik) untuk memerintahkan servernya sendiri.
Interworx berdasarkan kami salah satu yang terbaik dan mempunyai fitur yang hampir sama dengan kontrol panel diatas sebelumnya, maka Indoworx juga telah memakai control panel yang berbasis close source ini. Selain gampang digunakan, fitur yang tersedia hampir sama menyerupai cPanel menyerupai adanya pertolongan memakai Litespeed Enterprise web server, pertolongan Cloudlinux OS, pertolongan Softaculous installer, Sitebuilder, R1soft backup dan banyak lagi. anda juga akan lebih maksimal dalam mengelola hosting serta mengubah dan membackup database website anda.
Pada dasarnya, control panel ini terbagi menjadi dua mode operasi. Yaitu:
  • Nodeworx, yaitu mode direktur yang membantu dalam pengelolaan server.
  • Siteworx, yaitu website owner view yang membantu para pengguna untuk mengelola akun hosting mereka dan fitur-fitur yang terdapat di dalamnya.

 

 4. ISP Config

ISP Config merupakan salah satu control panel yang menerapkan basis open source multi bahasa. Dengan control panel ini anda juga sanggup mengelola beberapa server di bawah satu control panel. Bahkan, ISP Config juga bisa mengelola FTP, SQL, database, virtual server, dll.
ISP Config ialah salah satu control panel dengan jumlah pengguna yang tidak mengecewakan banyak. Dan sampai ketika ini, ISP Config telah mencapai versi 3.

 

5. Zpanel


Zpanel merupakan salah satu control panel hosting yang disediakan secara gratis, namun kini kabarnya sudah berbayar. Zpanel sanggup dipakai di banyak sekali webhosting kelas enterprise menyerupai Linux, UNIX, MacOS, dll.
Control panel ini juga ditulis dalam bahasa PHP murni sehingga sanggup beroperasi dengan sangat baik pada Apache, PHP, dan MySQL. Selain itu, Zpanel juga gampang digunakan, tampilan antarmuka control panel ini juga tergolong sederhana. Hal itulah yang menciptakan banyak pengguna yang menentukan control panel hosting Zpanel ini.

 

6. Webmin

Perangkat lunak atau software Webmin lebih dirancang untuk platform Unix dan Linux dengan cara yang sederhana, sehingga menciptakan control panel hosting yang satu ini lebih fungsional dan tentunya powerfull. Bahkan, baru-baru ini kabarnya Webmin versi anyar juga sanggup diinstal dan dijalankan pada sistem berbasis Windows.
Webmin juga memungkinkan penggunanya untuk mengkonfigurasikan internal sistem operasi web server menyerupai mengatur penggunaan hosting, hardisk, dll yang sekiranya memberi anda kontrol penuh terhadap hosting dan database pada server anda.

 

7. WEBUZO


Control panel yang satu ini dilengkapi dengan sejumlah utilitas berbasis server dan script yang tujuannya tentu untuk memudahkan anda mengoperasikan control panel tersebut. Dan biasanya, Webuzo kebanyakan dipakai pada server berbasi Virtual Private Server (VPS).


selamat membaca supaya bermanfaat, untuk tutorial berikutnya saya akan membagikan cara bagaimana menginstall webmin, apabila ada salah kata mohon di maafkan :)