Cara Membuat Kalkulator Sederhana dengan Python



Hallo gaes, kali ini aku akan membagikan tutorial sederhana bagaimana menciptakan kalkulator simple dengan python, langkah-langkah ini dapat kalian buat di termux, ataupun di pc, langkahnya pun cukup simpel dan simpel di pahami.



Bahan :

1. Termux
2. Sabar & teliti

untuk langkah pertama sebagai berikut :

- $ pkg update -y && pkg upgrade -y
- $ pkg install python3
- $ pkg install nano

kalau sudah menginstall sesuai langkah-langkah di atas, untuk proses selanjutnya ibarat berikut :

- nano kalkulator.py

tau kan peritah nano !!
perintah nano di gunakan sebagai editor text

di bawah ini yakni referensi script pythonya, kalian dapat eksklusif copy paste, dan juga dapat mengembangkanya sendiri, dapat untk perkalian, pengruangan atau pembagian, untuk script python yang di bawah ini aku memakai menambahan.

x = input('masukkan angka ke 1 :')
y = input('masukkan angka ke 2 :')
num1 = int(x)
num2 = int(y)
print(num1, '+', num2, '=', num1 + num2)



















nah script di atas tinggal kalian copy paste saja dan mengembangkannya sesuai cita-cita kalian

  • setelah itu tekan ctrl+x tekan y kemudian enter ( untuk menyimpannya )
  • python kalkulator.py ( untuk menjalankan python )




nah di atas yakni referensi untuk menjalankan pythonya, mudahkan silahkan kembangkan berdasarkan kreasi masing2.
Sekian tutorial dari aku apabila ada salah kata mohon maaf, tetap ikuti blog aku sebab setiap hari akan aku update isu dan tutorial terkini
terima kasih.