CARA MEMBUAT TOOLS SEDERHANA DI TERMUX


 kali ini aku akan menawarkan tutorial bagaimana menciptakan tools sederhana dengan bash di t Cara menciptakan tools sederhana di Termux


Hallo gaes, kembali lagi dengan aku 0daysec, kali ini aku akan menawarkan tutorial bagaimana menciptakan tools sederhana dengan bash di termux, bagi yang mau berguru menciptakan tools dengan bash di termux simak baik - baik langkah - langkah berikut :

materi :
- hp (android di atas kitkat)
- Termux
- Hacker keyboard ( biar keyboard kalian ada tombol ctrlnya)
- Teliti

baiklah eksklusif saja simak langkah - langkah berikut

- pkg update
- pkg upgrade

untuk editornya banyak pilihan yang sanggup di gunakan ialah nano,micro dan vim, di tutorial ini aku memakai editor nano

- pkg install nano
- pkg install bc

sesudah itu kalian masuk editor nano, untuk menciptakan tools dengan bash ekstensi file yang diguanakan menggunakan  (.sh)

- nano new.sh

perintah di atas dipakai untuk menciptakan editor gres dengan nama new.sh, disini aku akan menawarkan pola menciptakan tools kalkulator sederhana dengan bash, simak aba-aba bash berikut

 #!/bin/bash

echo "masukkan angka pertama"
read p
echo "masukkan angka kedua"
read q
tambah=$(echo "$p + $q" | bc)
echo "hasil penambahan = $tambah"



nah di atas itu pola script menciptakan kalkulator penambahan, untuk selebihnya kalian sanggup mengembangkanya sendiri

- tekan ctrl +x 
- tekan y kemudian enter ( untuk menyimpannya )
- chmod +x (untuk memberi permission tools yg kalian buat)
- ./new.sh (untuk menjalankan tools bash yang kalian buat)

sekian tutorial dari saya, apabila ada kesalahan kata mohon di maafkan, tetap ikuti blog kami biar slalu menerima update tutorial perihal termux dan seputar IT yang lainya.